SISTEM KELISTRIKAN PADA SEPEDA MOTOR
Semua sepeda motor sudah pasti mempunyai kompenan kan bos...tapi ada yang belum paham apa saja yang di maksut komponen tersebut dan apa saja fungsinya...
oke..biar tidak berbelit-belit yuk kita sama pahami apa saja komponennya dan apa fungsinya..?????
<Komponen Kelistrikan Sepeda Motor dan Fungsinya
Komponen Sistem Kelsitrikan Motor dan Fungsinya
1. Baterai

Baterai adalah sumber arus bagi sistem kelistrikan motor. fungsi baterai sebenarnya tidak terlalu penting untuk di haruskan ada pada sepeda motor karena baterai ini hanya diperlukan ketika kita menyalakan sistem kelistrikan ketika mesin masih mati. Contohnya pada sistem starter.
karena suplai arus listrik utama akan dipenuhi oleh komponen spul selaku altnator yang menghasilkan listrik. Saat spul bekerja, fungsi baterai tidak lagi sebagai sumber arus melainkan sebagai penyimpan arus listrik yang di isi dari jalur spol pengisian
baterai motor dan baterai mobil itu sebenarnya sama fungsinya dan voltasenya masih sama yakni 12 volt. Yang berbeda hanyalah daya dari baterai tersebut, baterai motor yang ukurannya lebih kecil jelas dayanya juga lebih kecil.
2. Spul

Komponen berikut ini sesuai gambar di atas juga termasuk dalam power suplai kelistrikan motor. Spul berfungsi atau bertugas menghasilkan arus listrik ke cdi maupun kelistrikan lampu.
3. kiprok

Mengapa listrik dari spul harus melewati regulator ?
karena arus listrik yang dihasilkan oleh spul tidak konstan pada satu titik tegangan. Tegangan listrik ini bervariasi tergantung putaran mesin atau RPM mesin, artinya saat RPM rendah tegangannya juga rendah ( dibawah 12 V), dan juga sebaliknya ketika putaran mesin ataupada saat RPM tinggi tegangan yang keluar lebih dari 14 volt. dan tugas kiprok atau fungsi kiprok untuk mencegah terjadinya over charging pada rankaian kelistrikan sepeeda motor trsebut.
3. Switch

Switch adalah sakelar yang berfungsi sebagai tempat mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan pada sepeda motor.
Beberapa switch yang ada pada sepeeda motor secara umum ;
Saklar lampu utama (low beam)
Saklar lampu jauh (high beam)
Saklar sein kiri dan kanan
Saklar klakson
Saklar Starter
Saklar lampu flash (optional)
4. Kabel/kabel bodi

kabel merupakan serangkaian kabel yang berfungsi menghubungkan arus listrik dari power source melewati saklar dan sampai ke beban atau bisa di sebut juga kabel bodi.
Karena didalam sistem kelistrikan motor itu banyak macamnya, maka kabel ini juga dibedakan warnanya. Contoh untuk menentukan masa maka kabel yang dipakai itu berwarna hitam untuk motor honda ,dan tidak semua motor warna kabel itu sama fungsi dan jalurnya,
Sistem pembedaan warna ini ditujukan untuk mempermudah pendeteksian masalah apabila ada gangguan kelistrikan pada motor.
5.Beban
beban adalah ujung tombak dari suatu rangkaian kelistrikan yang berfungsi untuk melakukan perubahan energi dari listrik menjadi energi yang diinginkan.
Didalam motor ada banyakbeban seperti misalnya lampu. merupakan beban yang mengubah energi listrik menjadi cahaya. Selain itu ada juga klakson yang mengubah energi listrik menjadi suara atau bunyi.
Selain pada area body, beban juga bisa kita temukan pada mesin. Contohnya busi yang mengubah energi listrik menjadi percikan api
6. Pengaman rangkaian/sekring

Fungsi sekring atauFuse adalah mencegah terjadinya aliran arus listrik berlebih atau konsleting yang bisa menyebabkan kebakaran pada suatu rangakaian kelistrikan.
sekian artikelsaya yang saya buat dengan lengkap dan jelas mengenai komponen sistem kelistrikan pada sepeda motor .
semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua..salam otomotif jawa timur...
oke..biar tidak berbelit-belit yuk kita sama pahami apa saja komponennya dan apa fungsinya..?????
<Komponen Kelistrikan Sepeda Motor dan Fungsinya
Komponen Sistem Kelsitrikan Motor dan Fungsinya
1. Baterai
Baterai adalah sumber arus bagi sistem kelistrikan motor. fungsi baterai sebenarnya tidak terlalu penting untuk di haruskan ada pada sepeda motor karena baterai ini hanya diperlukan ketika kita menyalakan sistem kelistrikan ketika mesin masih mati. Contohnya pada sistem starter.
karena suplai arus listrik utama akan dipenuhi oleh komponen spul selaku altnator yang menghasilkan listrik. Saat spul bekerja, fungsi baterai tidak lagi sebagai sumber arus melainkan sebagai penyimpan arus listrik yang di isi dari jalur spol pengisian
baterai motor dan baterai mobil itu sebenarnya sama fungsinya dan voltasenya masih sama yakni 12 volt. Yang berbeda hanyalah daya dari baterai tersebut, baterai motor yang ukurannya lebih kecil jelas dayanya juga lebih kecil.
2. Spul

Komponen berikut ini sesuai gambar di atas juga termasuk dalam power suplai kelistrikan motor. Spul berfungsi atau bertugas menghasilkan arus listrik ke cdi maupun kelistrikan lampu.
3. kiprok

Mengapa listrik dari spul harus melewati regulator ?
karena arus listrik yang dihasilkan oleh spul tidak konstan pada satu titik tegangan. Tegangan listrik ini bervariasi tergantung putaran mesin atau RPM mesin, artinya saat RPM rendah tegangannya juga rendah ( dibawah 12 V), dan juga sebaliknya ketika putaran mesin ataupada saat RPM tinggi tegangan yang keluar lebih dari 14 volt. dan tugas kiprok atau fungsi kiprok untuk mencegah terjadinya over charging pada rankaian kelistrikan sepeeda motor trsebut.
3. Switch

Switch adalah sakelar yang berfungsi sebagai tempat mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan pada sepeda motor.
Beberapa switch yang ada pada sepeeda motor secara umum ;
Saklar lampu utama (low beam)
Saklar lampu jauh (high beam)
Saklar sein kiri dan kanan
Saklar klakson
Saklar Starter
Saklar lampu flash (optional)
4. Kabel/kabel bodi
kabel merupakan serangkaian kabel yang berfungsi menghubungkan arus listrik dari power source melewati saklar dan sampai ke beban atau bisa di sebut juga kabel bodi.
Karena didalam sistem kelistrikan motor itu banyak macamnya, maka kabel ini juga dibedakan warnanya. Contoh untuk menentukan masa maka kabel yang dipakai itu berwarna hitam untuk motor honda ,dan tidak semua motor warna kabel itu sama fungsi dan jalurnya,
Sistem pembedaan warna ini ditujukan untuk mempermudah pendeteksian masalah apabila ada gangguan kelistrikan pada motor.
5.Beban
beban adalah ujung tombak dari suatu rangkaian kelistrikan yang berfungsi untuk melakukan perubahan energi dari listrik menjadi energi yang diinginkan.
Didalam motor ada banyakbeban seperti misalnya lampu. merupakan beban yang mengubah energi listrik menjadi cahaya. Selain itu ada juga klakson yang mengubah energi listrik menjadi suara atau bunyi.
Selain pada area body, beban juga bisa kita temukan pada mesin. Contohnya busi yang mengubah energi listrik menjadi percikan api
6. Pengaman rangkaian/sekring

Fungsi sekring atauFuse adalah mencegah terjadinya aliran arus listrik berlebih atau konsleting yang bisa menyebabkan kebakaran pada suatu rangakaian kelistrikan.
sekian artikelsaya yang saya buat dengan lengkap dan jelas mengenai komponen sistem kelistrikan pada sepeda motor .
semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua..salam otomotif jawa timur...
Komentar
Posting Komentar