CEK KERUSAKAN PADA COIL SEPEDA MOTOR

Hasil gambar untuk koil motor


FUNGSI KOIL sepeda motor


KOIL berfungsi meningkatkan tegangan 12 volt yang keluar dari CDI atau ECM menjadi sebesar 15.000 – 20.000 volt.Maka silahkan coba sendiri, caranya cukup mudah yaitu dengan mencopot cangklong busi / cop busi dan pegang kabel koil besar kemudian starter motor bisa memakai kick starter atau elektrik starter.

Isi Koil  pada semua motork

Didalam koil terdapat dua kumparan yaitu,1. kumparan primer dan 2. kumparan sekunder yang berfungsi untuk mengubah induksi kemagnetan menjadi tegangan tinggi dan 2. kumparan primer Fungsinya mengubah induksi magnet menjadi tegangan tinggi yang kemudian disalurkan ke busi.Posisi kumparan sekunder digulungkan pada inti koil, sedangkan kumparan primer digulung dibagian luarnya. 

 PENGETESAN KUMPARAN KOIL 

Hasil gambar untuk avometer

Gunakanlah alat avometer/multitester dengan cara Salah satu ujung dari kumparan sekunder dihubungkan dengan terminal tegangan tinggi dan ujung lainnya dihubungkan dengan kumparan primer. Kedua ujung dari kumparan primer dihubungkan ke arus dari CDI atau ECU (+) dan satu lagi ke massa (-). 


Ciri – Ciri Koil sudah mulai Lemah


 bunga api warna merah, mesin motor tiba – tiba mati saat kondisi panas atau telah melalui perjalanan jauh, tarikan motor tersendat atau brebet.

Cara Mengecek Koil Motor yang Lemah

Untuk mengecek koil motor yang sudah  lemah bisa mengunakan dua cara yaitu mengukur tegangan puncak koil dan mengukur hambatan / tahanan pada kumparan primer dan sekunder. Alat yang dbutuhkan untuk mengukur tahanan bisa menggunakan avometer sesuan gambar di atas.

silahkan di coba bos semoga bisa di mengerti dan bermanfaat. untuk pertanyaan silhkan isi di kolom komentar

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM KELISTRIKAN PADA SEPEDA MOTOR

SERVIS BUSI PERCIKAN BUNGA API YANG MELEMAH

MERANGKAI DAN MERINGKAS KABEL BODI MOTOR